Bisnis  

Transformasi Digital, ASDP Dongkrak Kinerja dan Pacu Layanan Penyeberangan

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Untuk lima tahun terakhir telah berhasil mengakselerasi transformasi digital. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTAPT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Untuk lima tahun terakhir telah berhasil mengakselerasi transformasi digital yang membawa dampak signifikan Untuk pembangunan ekonomi Area serta peningkatan layanan penyeberangan nasional. Salah satu terobosan utama adalah penerapan sistem pembelian tiket online Lewat Gadget Lunak Ferizy, yang kini menjadi andalan Untuk jutaan Pemakai jasa ASDP.

Corporate Secretary Shelvy Arifin menjelaskan bahwa Perkembangan digital ini tidak hanya mempercepat proses reservasi, tetapi juga selaras Bersama upaya pemerintah Untuk memperkuat infrastruktur digital Ke seluruh Indonesia.

“Sistem yang kami kembangkan bersifat transparan dan terintegrasi. Ini memungkinkan Kelompok Untuk Bersama mudah mengakses informasi Yang Terkait Bersama jadwal kapal, harga tiket, hingga ketersediaan layanan penyeberangan. Hal ini berlaku baik Ke lintasan komersial maupun perintis,” ujar Shelvy Untuk keterangannya, Kamis (17/10/2024).

Sebelum peluncurannya, Gadget Lunak Ferizy terus Merasakan Kemajuan pesat. Ke 2020, Gadget Lunak ini mencatat 437.688 Pemakai, dan Ke Juli 2024 jumlahnya melonjak hingga mencapai 2,4 juta Pemakai. Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan Kelompok Pada layanan reservasi online ASDP. “Kami menghimbau agar para Pemakai jasa melakukan reservasi tiket secara online jauh hari Sebelumnya keberangkatan, terutama Ke pelabuhan-pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, dan Ajibata-Ambarita, Ke mana kami tidak lagi menjual tiket secara langsung Ke lokasi,” tambah Shelvy.

Hingga Oktober 2024, lebih Untuk 40 pelabuhan Ke seluruh Indonesia, termasuk Ke Area timur, telah Memperkenalkan sistem e-ticketing ini. ASDP juga aktif melakukan sosialisasi Untuk memastikan Kelompok dapat Mengadaptasi Bersama baik Pada perubahan ini.

Implementasi Ferizy juga berperan penting Untuk Meningkatkan kenyamanan Pemakai jasa, Memangkas antrian panjang Ke pelabuhan, serta memastikan kelancaran arus penumpang dan kendaraan. Transformasi Digital ini memungkinkan Pemakai jasa Untuk lebih efisien Untuk merencanakan perjalanan mereka, sekaligus mendukung agenda ramah lingkungan Bersama Memangkas penggunaan tiket fisik. Bersama sistem pembayaran online yang lebih mudah, ASDP telah berkontribusi Untuk menciptakan Pengalaman Hidup penyeberangan yang lebih modern dan nyaman.

Ke Samping Itu, transformasi digital juga memungkinkan ASDP Untuk mengelola data Pemakai jasa secara lebih akurat dan real-time. Data ini membantu perusahaan Untuk Memutuskan keputusan strategis Untuk pengelolaan rute dan peningkatan layanan yang lebih baik. Peningkatan efisiensi operasional juga berdampak langsung Ke peningkatan Standar layanan Ke pelabuhan dan Ke kapal, Agar ASDP dapat terus memenuhi harapan para pelanggan Ke seluruh Indonesia.

Transformasi digital yang dilakukan tidak hanya Meningkatkan pelayanan, tetapi juga berkontribusi Ke kinerja keuangan perusahaan.

“Untuk lima tahun terakhir, total aset ASDP Menimbulkan Kekhawatiran 45,47%, Untuk Rp7,59 triliun Ke 2019 menjadi Rp11,05 triliun Ke 2023. Pendapatan kami pun melonjak, mencapai Rp4,9 triliun Ke tahun 2023, Menimbulkan Kekhawatiran 57,58% dibandingkan tahun 2019,” kata Shelvy.

Peningkatan ini juga tercermin Untuk laba bersih perusahaan yang hingga September 2024 mencapai Rp476 miliar, naik 4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ke Samping Itu, total aset perusahaan per September 2024 mencapai Rp11,43 triliun, Sambil Itu arus kas operasional tercatat sebesar Rp1,74 triliun hingga triwulan III 2024.

“Pada lima tahun kepemimpinan Erick Thohir, ASDP telah menciptakan berbagai perubahan positif. Kami terus berkomitmen Untuk mendukung pembangunan Peningkatan Ekonomi Lewat peningkatan layanan transportasi publik yang prima,” ujar Shelvy.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Transformasi Digital, ASDP Dongkrak Kinerja dan Pacu Layanan Penyeberangan