Jakarta –
Layang-layang identik sebagai mainan anak-anak. Tetapi, ternyata Di balik sebuah layang-layang terdapat Prototipe spiritual dan Kebiasaan yang melekat.
Dosen Institut Karya Seni Kearifan Lokal Dunia Indonesia (ISBI) Bandung sekaligus pegiat permainan tradisional, Zaini Alif, menjelaskan bahwa layang-layang merupakan sebuah media spiritual Dari zaman dahulu kala. Penemuan lukisan Ke batu Di gua Di Area Muna, Sulawesi Tenggara merupakan sebuah ritual Sebagai menghantarkan roh seseorang yang meninggal Di langit.
“Sebagai ritual spiritualitas Karena Itu bagaimana layang-layang itu sebagai media menghantarkan orang yang sudah meninggal itu Di atas, diantar menggunakan layang-layang itu. Karena Itu seseorang yang sudah meninggal rohnya itu perlu guide (pemandu) Sebagai dia sampai Di atas, nah layang-layang itu sebagai penghantar guideline dia Sebagai mengantar roh Di-Nya. Lewat layang-layang itu Untuk Prototipe ritual,” kata Zaini Pada dihubungi detikTravel, Kamis (4/7/2024).
Bukan hanya itu, ia menambahkan, jika sebetulnya layang-layang sebagai permainan itu adalah perkembangan Di masa kini. Jika Menarik Perhatian ingatan Di Di Untuk informasi yang didapatnya, menerbangkan layang-layang merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan Di anak-anak. Ya, pekerjaan.
Karena Itu jika orang dewasa Memiliki pekerjaan selayaknya Pada ini, anak-anak pun melakukan pekerjaannya Di yang kita kenal sekarang, yakni bermain. Layang-layang juga dipakai sebagai media pembelajaran anak Sebagai mengenal serta mempelajari tentang angina.
“Nah permainan yang ada Ke gambar Di gua layang-layang itu memang bukan menjadi atau bukan Pada Untuk permainan, Karena Itu permainan itu kalau Ke waktu saya baca naskah Siksa Markas Karesian bahwa itu sebuah pekerjaan saja,” kata Zaini.
“Bermain itu Mungkin Saja bisa dikatakan tidak ada Lantaran yang kita sebut permainan itu adalah semua pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan, nah itu dibuktikan Untuk hasil Eksperimen saya bahwa ketika saya meneliti Di Baduy itu mereka tidak menyebut itu permainan tapi menyebutnya pagawean barudak (pekerjaan anak-anak),” ujar dia.
“Karena Itu usia dewasa mereka punya pekerjaan dan anak-anak juga punya pekerjaan, yang pekerjaannya itu menyerupai konteks bermain seperti Pada ini tapi mereka nggak pernah menyebut kata bermain. Termasuk Di layang-layang ini juga Ke waktu itu bukan sebuah permainan tapi alat, media orang tua dan dewasa Sebagai bagaimana ketika anak kecil dia mengenal angina sebagai Pada Untuk Prototipe penyuburan tanah dan sebagainnya,” Zaini menambahkan.
Untuk pembelajaran Pada muncullah yang disebut Di syukur angin, Di mana anak-anak menjilat jarinya Sebagai menentukan arah angin dan menerbangkan layang-layang. Menurut Zaini itu merupakan wujud Untuk sebuah pembelajaran Untuk masa lalu, Lalu Di Kerajaan Batu Sangkar ungkap Untuk prosesi pemilihan raja juga menggunakan media layang-layang.
Nantinya dilihat Untuk bagaimana Kandidat raja tersebut menerbangkan layang-layang, menjaga Kesejaganan hingga mengerti arah angin.
“Justru ketika Di Kerajaan Batu Sangkar saya baca Untuk beberapa Eksperimen mengatakan bahwa ketika menentukan raja Di Kerajaan Batu Sangkar tuh ditentukan salah satunya Di layang-layang. Karena Itu bagaimana dia menerbangkan, nah konteks itu pembelajaran Sebagai bagaimana dia bersinergi Di Komunitas, alam, penguasa, dan sebagainya,” kata dia.
“Apakah ketika layang-layang terbang dia mampu mengendalikan, mengikuti arah angin, Lalu respek Pada perubahan angin gitu, banyak hal yang Lalu konteks itu menjadi Pada Untuk penentuan raja,” ujar Zaini.
Mewujudkan Sesuatu yang Tidak Ada Menjadi Ada
Layang-layang yang diterbangkan bukan sekadar Sebagai permainan. Layang-layang yang berada Di udara, dikendalikan Di seutas benang, Menunjukkan fakta bahwa angin merupakan sebuah anugerah yang bisa dibuktikan. Lewat angin pula Komunitas zaman dulu mampu menentukan kapan mereka Sebagai bercocok tanam.
Selain menerbangkan layang-layang sebagai pembuktian keberadaan angin, layang-layang juga sebagai ucapan syukur mereka kepada Sang Maha Kuasa Untuk adanya upacara syukur angin.
“Layang-layang adalah Pada Untuk prosesi itu, prosesi bagaimana angin menjadi Pada Untuk Komunitas kita yang agraris. Angin itu sebagai media penyerbukan yang membantu para petani (tanamannya) subur, angin itu Memberi kontribusi Pada dia, bagaimana angin barat-angin timur yang menentukan hujan dan kapan dia harus menanam padi, kapan dia harus mengurus dan mengolah, dan sebagainya. Maka muncullah upacara-upacara syukur angin itu,” ujar Zaini.
Bukan hanya layang-layang, upacara syukur angin Di beberapa Lokasi juga disimbolisasikan Lewat kolecer (Sunda), kindekan (Bali), dan cipiran (Jawa). Zaini menyebut layang-layang dan alat lainnya itu merupakan aspek spiritual Di sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
“Untuk proses pembelajaran Ke waktu itu dia Akansegera mewujudkan sesuatu yang tidak ada menjadi ada, cipiran dia Menyita angin dan angin itu memutarkan cipiran dan bersuara. Maka Lalu suara itulah yang membuktikan wujud Untuk angin tersebut ada dan hadir,” kata Zaini.
Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kisah Mendalam Di Balik Sebuah Layang-layang yang Diterbangkan